Total Tayangan Halaman

5 Oktober 2010

Hakekat Bekerja

Sebagian dari kita seringkali dibenamkan dalam rutinitas yang tak terasa memakan umur kita, baik rutinitas bekerja, sekolah, dirumah dan sebagainya. Tidak banyak juga yang memahami bahwa rutinitas tersebut sangat luar biasa jika kita dapat memahami bahwa dibalik semua itu ternyata hal kecil dan penting tidak kita sadari. Sebagai contoh bekerja, tidak semua orang dapat merasakan apa hakikat bekerja yang telah dilakukannya baik mulai dari bulan pertama bekerja maupun dimasa pensiunannya.

Memang jika kita uraikan secara mendasar, kerja mungkin hanya diartikan sebagai kewajiban agar dapat mendapatkan imbalan baik gaji, bonus maupun sekedar hadiah. Pada hakekatnya tanpa kita sadari bekerja adalah sebuah pembayaran dari berbagai rangkaian aktivitas yang bermacam-macam. Sedikitnya ada 5 hakekat bekerja.

1. Bekerja adalah ibadah yang dibayar. Kalau dihitung-hitung setiap kita berangkat bekerja sampai kembali masuk rumah, jumlah ibadah kita sudah berapa banyak? Coba bayangkan dan hitung.

2. Bekerja adalah belajar yang dibayar. Ditahap awal menjadi pegawai sampai posisi saat ini, sudah berapa hal baru yang sebelumnya tidak kita dapatkan dibangku sekolah kita dapatkan di dalam bekerja? Kalau dihitung sks sudah berapa sks jumlah pelajaran Anda?

3. Bekerja adalah menabung yang dibayar. Sampai hari ini sudah berapa banyak barang yang Anda dapatkan dari gaji Anda bekerja? Sampai dapat menyekolahkan anak-anak Anda ke jenjang sekolah tertinggi?

4. Bekerja adaalah wisata yang dibayar. Sudah berapa kota dan negara sudah Anda jajahi dengan Anda bekerja? Pengalaman pribadi saya, dengan bekerja saya sudah mendaratkan kaki di 5 negara Eropa dan Asia, secara gratis.

5. Bekerja adalah menambah teman yang dibayar.Wow ternyata setelah saya hitung jumlah teman dan pejabat yang saya kenal sungguh luar biasa.

Jika dipikir-pikir, memang benar 5 hal tadi ternyata  baru saya rasakan, dan perlu saya syukur bahwa kita diberikan kenikmatan lain yang jarang kita sadari. Di sini ada 2 hubungan hakekat bekerja, hubungan dengan Sang Pencipta dan hubungan dengan antar manusia. Sudahkah Anda rasakah hakekat-hakekat itu?

1 komentar:

  1. ayo di update lagi mas muhajir blognya.. pengunjungnya sudah menembus angka ratusan lho. menanti inspirasi menggairahkan mas muhajir lainnya

    BalasHapus